Cara Meningkatkan Visitor Blog dengan Feedburner

Anda seorang penulis professional atau hanya sekedar hobby menulis di blog? tentunya anda ingin memiliki banyak pemirsa yang selalu membaca tulisan anda. Hal ini sangat penting, seperti anda berkomunikasi dengan orang lain, dimana ada pengirim pesan dan penerima pesan. Sama halnya dengan menulis suatu artikel atau berita di blog. Penulis butuh berkomunikasi yang kontinue dengan para pembaca. Google memperluas layanan di internet salah satunya adalah mengakuisisi feedburner. Sebenarnya apa itu feedburner?


Berikut adalah kutipan dari situs feedburner mengenai pengertian feedburnerFeedBurner is the leading provider of media distribution and audience engagement services for blogs and RSS feeds. Our Web-based tools help bloggers, podcasters and commercial publishers promote, deliver and profit from their content on the Web
Sedangkan kalo menurut saya pribadi, Feedburner merupakan penyedia jasa layanan publikasi suatu web / blog dengan cara menyebarluaskan content dan rss feeds suatu web / blog. Secara tidak langsung feedburner akan membantu mempromosikan suatu web / blog dengan layanan yang dimilikinya. Sehingga dapat meningkatkan traffic visitor pengunjung web / blog tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai feedburner, langsung aja ke situsnya atau klik feedburner

Ketika seseorang memasukan email atau men-subscribe blog kita, secara otomatis ketika kita membuat suatu artikel blog, rss feeds akan terkirim ke email yang terdaftar. Cara mendaftarnya pun cukup mudah, anda hanya perlu akun Gmail atau google mail. Berikut step-step mendaftar di feedburner.

Anda bisa buka link http://feedburner.google.com/

Anda diminta untuk memasukan link rss feeds dari blog anda. Bila anda pengguna blogger, rss biasanya berupa link seperti ini misalnya: http://.blogspot.com/feeds/posts/default



setelah itu klik next

Anda diminta untuk menuliskan judul feed dan feed address. Setelah itu klik next.




Selanjutnya next





Nah.. Setelah itu pilih Publicize dan  Pilih email subscriptions






Klik Active




Copy script yang terlihat di gambar diatas,

Jika anda ingin memasang feed form dari feedburner dibawah postingan seperti yang terlihat di blog saya, silahkan simak step-step berikut ini.

Masuk ke dasboard blogger, pilih template >> edit HTML. Jangan lupa centang  expand template widget. Cari kode <data:post.body/> . Caranya yang mudah dengan menekan ctrl+f . setelah itu paste kan script yang tadi di copy dari feedbuner dibawah code <data:post.body/> .


Jangan lupa simpan template. Nah, anda bisa mengedit sendiri kata-kata yang membujuk untuk para pembaca mendaftarkan emailnya di form feedburner anda, sehingga menjadi pelanggan tetap sebagai pembaca blog anda. Mungkin cukup lengkap saya paparkan diatas tentang cara meningkatkan visitor blog dengan memanfaatkan feedburner milik google. Semoga bermanfaat, salam.


Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.